Kereta Api Kutojaya Selatan sambung Prameks: Alternatif Perjalanan Bandung-Jogja

Kereta api itu transportasi mudik paling menyenangkan. Pesan tiket bisa online. Perjalanan bebas macet. Kenyamanan masih dalam batas toleransi. Favorit banget. Makanya saya menjadikan kereta api sebagai opsi pertama buat pulang kampung. Karena masih mahasiswa, biasanya milih kereta api kelas ekonomi atau lapisan bisnis yang paling murah.

Sebagai orang Jogja yang merantau ke Bandung, kalau saya mudik, pas pesan tiket kereta api online / aplikasi smatphone KAI Access pilihannya cuma dua rute: Bandung-Yogyakarta atau Kiara Condong-Lempuyangan. Btw, antara stasiun tugu dan stasiun lempuyangan jaraknya relatif dekat dan sama-sama berada di kota. Jadi yang manapun nggak masalah.
*Stasiun Yogyakarta sama dengan Stasiun Tugu

Pilihan kereta dari bandung menuju jogja

Dari dua pilihan rute tersebut, tersedia beberapa kereta api. Biasanya saya pilih keberangkatan malam hari, 8-9jam perjalanan bisa dinikmati dengan tidur tanpa menghabiskan hari. Sampai tujuan sudah pagi dan bisa beraktivitas lagi.

Bandung-Yogyakarta (BD-YK)

  • Kereta Api Argo Wilis (Eksekutif)
  • Kereta Api Lodaya Pagi (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Lodaya Malam (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Mutiara Selatan (Bisnis)
  • Kereta Api Malabar (Eksekutif, Bisnis & Ekonomi AC)

Kiara Condong-Lempuyangan (KAC-LPY)

  • Kereta Api Kahuripan (Ekonomi)
  • Kereta Api Pasundan (Ekonomi)

*Meski melewati stasiun Yogyakarta/Tugu, kereta kahuripan dan pasundan tidak berhenti di stasiun Yogyakarta/Tugu.

Bahkan dulu pas masih mahasiswa tingkat satu sampai hapal keberangkatan jam berapa, tiba jam berapa, harga tiketnya berapa, tarif eksekutif-bisnis-ekonomi kisaran berapa, karena satu dua bulan sekali pulang ke Jogja padahal cuma libur sabtu-minggu dan kuliahnya senin-jumat. Hapal kereta baliknya juga. Turun dari kereta, dari stasiun Bandung naik angkot Cisitu-Tegalega arah Cisitu, mampir kosan bentar langsung ke kampus buat kuliah pagi.

Suatu ketika di hari Jumat, saya udah buru-buru ngejar kereta pake ojek sambil nyuruh mang ojeknya buat ngebut, tapi tetep nggak kekejar juga. Ketinggalan kereta Kahuripan dengan selisih semenit dua menit. Sambil tergopoh-gopoh sisa ngejar kereta, saya yang panik itu nggak mau gagal pulang kampung. Terjadilah percakapan berhikmah ini:

S: saya
B: si bapak

S: (tergopoh-gopoh bersama barang bawaan menuju pintu stasiun) “Pak, kahuripan udah jalan ya?!” (panik)
B: “Udah neng. Udah lewat.” (ngga panik, mungkin udah biasa)
S: “Dah jalan pak?! Haduh, saya harus gimana dong pak?!” (emang lagi panik)
B: “Udah lewat neng kahuripan..”
S: “Kereta ke Jogja nggak ada lagi pak?!”
P: “Paling bisanya ke Kutoarjo dulu neng, nanti ganti lagi ke Jogja.”
S: “Itu tiketnya masih ada pak?!” (masih panik)

Kemudian kepanikan beralih ke loket penjualan.

Ya. Baru tau kalau bisa naik Kutajaya Selatan kalau mau ke Jogja.

Kahuripan itu berangkat jam 20.05, satu jam setelahnya akan ada Kutajaya Selatan pada jam 21.05. Nanti sampainya di Stasiun Kutoarjo jam 04.45. Waktu itu, jam segitu belum subuh. Seturunnya dari kereta, saya bingung antara mau keluar stasiun buat naik bus ke Jogja (tinggal jalan dikit ke perempatan tempat ngetem bus) atau nungguin prameks yang baru ada sekitar 2 jam lagi.

Saya lagi duduk-duduk sendirian dan kebingungan. Kebetulan nggak lama setelah itu ada orang lain yang baru datang naik motor trus ikutan duduk. Kemudian saya mencoba cari info dari orang yang kayaknya warga setempat ini. Dari mbak-mbak ini juga saya tau tempat ngetem bus. Katanya ongkos bus bisa belasan ribu (belum tau tarif pastinya berapa), kalau prameks udah jelas 8ribu. Kabar dari blog sebelah, bus kutoarjo-jogja 20ribu dengan keberangkatan tiap jam.

Akhirnya, karena pertimbangan biaya, saya memutuskan buat nungguin prameks aja. Loket penjualannya udah buka, kereta prameksnya sendiri baru akan berangkat jam 06.15 dan bakal nyampe Stasiun Yogyakarta/Tugu jam 07.35. 

Prameks Kutoarjo-Jogja

Kereta Prambanan Ekspres atau lebih dikenal dengan nama gaulnya yaitu Prameks. Merupakan kereta komuter yang melayani rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo dan sebaliknya. Tidak seperti kereta lainnya, kereta api prameks hanya dijual melalui loket di stasiun yang bersangkutan dan tidak melayani penjualan online. Terhitung 13 Juni 2016, prameks bisa dipesan mulai H-7 hari keberangkatan. Sebelumnya tiket hanya dijual go show, 2-3 jam sebelum keberangkatan dengan jam buka loket paling pagi pukul 05.00 WIB. Perlu diingat, kereta prameks tidak ada nomor kursi alias rebutan.

KUTOARJO JENAR WATES YOGYAKARTA (TUGU) LEMPUYANGAN MAGUWO (BANDARA) KLATEN PURWOSARI SOLO BALAPAN
06.15 06.33 07.00 07.35 07.42 07.52 08.15 08.45 08.50
08.45 09.03 09.22 09.59 10.07 10.18 10.42 11.13 11.18
19.05 19.22 19.46 20.15 20.31 20.41 20.54 21.23 21.28
  • Kutoarjo-Jogja: Rp 8.000
  • Kutoarjo-Solo: Rp 15.000

Seperti yang bisa dilihat, Prameks Kutoarjo-Jogja cuma ada 3 keberangkatan yaitu jam 06.15, 08.45, dan 19.05. Nggak kayak prameks Jogja-Solo yang banyak pilihan jam keberangkatan. Nanti ketika beli tiket prameks di loket kutoarjo, akan ditanya tujuan ke mana. Untuk Kutoarjo-Jogja dihargai 8.000 rupiah. Turun di stasiun tugu ataupun lempuyangan. Kalau kamu mau bepergian sampai Solo, tarifnya 15.000 rupiah. Masih murah lah ya.

Perbandingan

Berdasarkan pengalaman saya hari itu, saya melakukan itung-itungan singkat sebagai perbandingan,

  • Kereta Kahuripan: Rp 90.000. berangkat 20.05 tiba 04.41 di stasiun Lempuyangan. inget kan ya kahuripan nggak berhenti di stasiun tugu
  • Kereta Kutajaya Selatan+Prameks: Rp 65.000 + prameks Rp 8.000. berangkat 21.05 tiba 4.45, sambung prameks berangkat 6.15 tiba 7.35 di stasiun Yogyakarta/Tugu. turun di lempuyangan juga bisa sih.

Kesimpulan:

Kutojaya Selatan+Prameks lebih murah 18ribu rupiah tapi nambah total perjalanan hingga 2 jam.

Begitulah. Sedikit informasi perjalanan Bandung-Yogyakarta melalui kereta api Kutojaya Selatan dan Prambanan Ekspres (Prameks). Mungkin bisa dijadikan alternatif kereta menuju Jogja kalau-kalau lagi apes ketinggalan kahuripan. Atau, punya waktunya agak maleman tapi tetep pengen murah dengan kereta ekonomi. Atau, sekadar ingin mencoba gimana rasanya.

Semoga bermanfaat.

Note: Kemarin saya mau beli tiket kereta api, baik Kahuripan maupun Kutajaya Selatan berangkat 5 menit lebih awal dari jadwal sebelumnya. Perubahan jadwal, Kahuripan menjadi 20.00, Kutajaya Selatan jadi 21.00.

Note tambahan: Perubahan harga, kereta Kahuripan menjadi 84.000 dan  Kutajaya Selatan jadi 62.000. Sekarang prameks bisa dipesan jauh-jauh hari di loket yg bersangkutan, menyebabkan adanya kemungkinan tiket habis. Berdoa aja semoga belum abis.

*Jadwal dan tarif kereta api bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan PT KAI, cek aja di situs resmi kereta api , dan masih nggak ada info prameks di situs resmi mereka mungkin karena PT KAI emang ngga jual tiket komuter lokal secara online


Sumber data:

http://www.solopos.com/2015/04/03/jadwal-kereta-api-inilah-jadwal-dan-tarif-baru-ka-prameks-solo-jogja-kutoarjo-591247 tapi lagi rese, malah muncul ads ga jelas

http://prameks.com/kutoarjo.jpg , gambar jadwal kereta kutoarjo-jogja, karena web prameks baru bisanya nampilin solo-jogja
update: http://prameks.com/dari-stasiun-kutoarjo.html, web ini nampaknya sudah diupdate dan menurut saya malah makin sulit dipahami

http://kereta-api.info/jadwal-keberangkatan/stasiun-kota-bandung , jadwal kereta-kereta yang berangkat dari Stasiun Bandung

http://kereta-api.info/jadwal-keberangkatan/stasiun-kiaracondong-bandung , jadwal kereta-kereta yang berangkat dari Stasiun Kiara Condong

Update Desember 2016
Pertama ditulis pada Nov 12, 2015 8:00 PM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s